ORGANISASI DAN
PENGEMBANGAN BISNIS
Oleh :
Olys Eka Yulina I.C.A (
162014001 )
Nita Kristiana ( 162014033 )
Fransiska H.S ( 162014040 )
PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGA
2016
PEMBAHASAN
A.
DEFINISI ORGANISASI DAN PENGEMBANGAN USAHA DALAM
KEWIRAUSAHAAN
Organisasi adalah adalah suatu kelompok
orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Adapun definisi organisasi menurut para
ahli, sebagai berikut :
a. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
b. James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
c. Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
d. Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
a. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
b. James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
c. Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
d. Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Pengembangan usaha adalah ” Tugas dan
proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan
pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan usaha, tetapi tidak termasuk
keputusan tentang strategi dan implementasi dari peluang pertumbuhan usaha
“ .
(Id/Wikipedia)
Sedangkan untuk usaha yang berskala besar
dan mapan , terutama di bidang teknologi industri yang
terkait “Pengembangan usaha” istilah yang sering mengacu pada pengaturan
dan mengelola hubungan strategis dan aliansi dengan yang lain,
perusahaan pihak ketiga.
Dalam hal ini perusahaan dapat memanfaatkan
satu sama lain keahlian , teknologi atau kekayaan intelektual untuk memperluas
kapasitas mereka untuk mengidentifikasi, meneliti, menganalisis dan membawa ke
pasar bisnis baru dan produk baru, pengembangan bisnis berfokus pada
implementasi dari rencana bisnis strategis melalui ekuitas pembiayaan, akuisisi
/ divestasi teknologi, produk, dan lain – lain
.
B. TUJUAN ORGANISASI
Tujuan organisasi adalah target ke rah
mana sistem manajemen terbuka diarahkan. Tujuan organisasi bisnis:
1. Keuntungan adalah kekuatan motivasi bagi wirausahawan.
2. Pelayanan pada pelanggan dengan penyediaan nilai ekonomi
yang dibutuhkan membenarkan keberadaan dari organisasi bisnis.
3. Tanggung jawab sosial bagi wirausahawan, sesuai kode etik
dan moral yang dibuat masyarakat dimana industri tersebut bertempat.
Tujuan
penting organisasi:
1. Memberikan wirausahawan dan anggota organisasi garis
pedoman bagi tindakan-tindakan.
2. Pembuatan keputusan.
3. Efisiensi organisasi
4. Konsistensi organisasi
5. Evaluasi kerja.
C. UNSUR-UNSUR ORGANISASI
Unsur-unsur yang ada didalam organisasi
Menurut Keith Davis ada tiga unsur penting partisipasi , sebagai berikut :
a. Unsur pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan suatu keterlibatan mental dan perasaan, lebih dari semata-mata tau hanya keterlibatan secara jasmaniah.
Menurut Keith Davis ada tiga unsur penting partisipasi , sebagai berikut :
a. Unsur pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan suatu keterlibatan mental dan perasaan, lebih dari semata-mata tau hanya keterlibatan secara jasmaniah.
b.
Kesedian memberi sesuatu sumbangan kepada usaha mencapai tujuan kelompok.
c. Unsur
ketiga adalah tanggung jawab, unsur tersebut merupakan unsur yang paling
menonjol bagi anggota.
D. TINGKATAN DALAM PENGEMBANGAN
Jadi, pengembangan usaha memiliki tingkat
yang berbeda. Level atau tingkatan tersebut menjadi produk, komersial dan
korporasi.
1.
Tingkat Produk .
Pada level produk pengembangan usaha
berarti mengembangkan produk atau teknologi baru. Meskipun tingkat pengembangan
dapat berbeda dari perusahaan ke perusahaan.
2.
Tingkat Komersial .
Dalam contoh bentuk pengembangan usaha di
tingkat komersial berarti prospeksi murni et Dur. Ini berarti berburu pelanggan
baru di segmen pasar yang baru. Tingkat berikutnya dari pengembangan usaha komersial
adalah saluran atau setiap organisasi penjualan. Saluran atau
organisasi penjualan dapat terdiri dari mitra , agen seperti, distributor.
3.
Tingkat Korporasi .
Bila organisasi harus memutuskan apakah
akan membuat atau membeli kompetensi organisasi tertentu Kita memasuki bidang
pengembangan bisnis perusahaan . Fokusnya adalah bukan pada produk maupun
komersial tingkat tetapi pada korporasi tingkatan usaha.
D. UNSUR MENGEMBANGKAN USAHA
Adapun unsur – unsur penting dalam mengembangkan usaha
ada 2 yaitu :
1.
Unsur yang berasal dari dalam ( pihak internal ) :
Adanya
niat dari si pengusaha / wirausaha untuk mengembangkan usahanya
menjadi lebih besar.
2.
Unsur dari pihak luar ( Pihak eksternal) :
a.
Mengikuti perkembangan
informasi dari luar usaha.
b. Mendapatkan dana tidak hanya mengandalakan
dari dalam seperti meminjam dari luar.
c. Mengetahui kondisi lingkungan sekitar yang
baik / kondusif untuk usaha .
E. ASPEK DALAM MENGEMBANGKAN USAHA
Pengembangan usaha yang terdiri dari aspek strategi ,
manajemen pemasaran, dan penjualan, seperti :
1. Aspek
strategi
a. Meneliti
jenis usaha baru dengan penekanan pada mengidentifikasi kesenjangan (yang ada
dan / atau diharapkan) oleh konsumen .
b. Menciptakan
pasar baru .
c. Menciptakan
produk baru dengan karakteristik yang menarik konsumen
2. Aspek
manajemen pemasaran
a. Menembus
dan menguasai pangsa pasar .
b. Mengolah
situasi / peluang pasar yang ada dengan teliti.
c. Memasarkan
produk dengan jaringan yang luas seperti impor produk ke luar negeri.
d. Membuat
strategi pemasaran yang dapat membuat konsumen membeli produk kita , seperti
memasang iklan , brosur, dan lain-lain.
3. Aspek
penjualan
a. Memberikan
saran tentang perancangan dan menegakkan kebijakan penjualan dan proses tindak
lanjut penjualan .
b. Banyak
volume produk yang akan dijual.
c. Tingkat
keamanan dalam proses penjualan barang.
d. Menjual
produk dengan harga yang terjangkau dan memiliki kualitas yang baik.
Kewirausahaan
OnLine Shop
Dewasa ini, di
jaman yang modern dan di jaman digital, dimana internet sudah menjadi gaya
hidup bagi sebagian penduduk di dunia. Hal ini juga memberikan dampak pada pola
hidup manusia sekarang ini, termasuk dalam interaksi jual belinya.
Saat ini ada satu
tren yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online
shop. Hal tersebut tidak akan terjadi apabila teknologi yang mendukung tidak
ada. Salah satu teknologi yang dimaksud adalah teknologi yang berkaitan dengan
telekomunikasi dan informasi baik perkembangan teknologi di bidang internet
maupun mobile device. Saat ini banyak orang menggunakan smartphone sebagai
mobile device dimana perangkat komunikasi tersebut memiliki kelebihan dapat
terhubung dengan internet untuk berkomunikasi antara satu dengan yang
lainnya.Salah satu smartphone yang beredar luas di pasaran yaitu berbasis
Android. Kelebihan dari sistem operasi Android adalah variasi merek ponsel yang
beredar di pasaran, aplikasi-aplikasi yang tersedia, dan pengembangan aplikasi
untuk segala macam keperluan seperti aplikasi toko online.
Penggunaan
smartphone yang makin diminati dan semakin meningkat setiap tahunnya. Adanya fitur – fitur social media yang mudah
diakses dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin
mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat,
bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya
rutinitas yang kita jalani sehari – hari. Dengan tersedianya fasilitas –
fasilitas social media yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam
berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.
Dengan hanya
bermodalkan smartphone yang kita gunakan dalam keseharian ditunjang pula dengan
fasilitas internet yang semakin luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha
yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya.
Suatu kesempatan bagi para wirausaha sebagai media untuk memperdagangkan barang
melalui pemanfaatan teknologi tersebut sebagai suatu peluang bisnis yang
menguntungkan secara finansial.
DAFTAR
PUSTAKA
1. Bagaimana analisis dari study kasus diatas?
BalasHapus2. Apakah organisasi ada dalam bisnis online shop ? dan bagiamana struktur organisasi dalam rangka pengembangan bisnis?kelompok 10
Melalui online shop,,kita dapat lebih mudah memasarkan barang barang jualan kita,,hanya dengan modal hp,,laptop dan internet kita dapat memasarkan produk dengan mudah.
Hapus2.Ada,,yaitu terdiri dari Pemilik,,pengelola, bagian produksi,,pergudangan,,pemasaran dan karyawan,,ini agar lebih mudah menjalan bisnis.
kelompok 6
BalasHapusdengan adanya online shop, dampak apa yang akan berpengaruh terhadap setiap aspek pengembangan usaha ?
Menurut kelompok kalian manakah tujuan organisasi bisnis yang paling ditekakankan dalam online shop tersebut? Klmpok_11
BalasHapusMenurut kelompok kami tujuan organisasi yang paling penting yaitu :
Hapus1. Keuntungan adalah kekuatan motivasi bagi wirausahawan.
Karena keuntungan adalah menjadi prioritas seorang wirausaha dslam melakukan usaha, tanpa adanya keuntungan maka usaha kita bisa dikatakan gagal.
2. Pelayanan pada pelanggan dengan penyediaan nilai ekonomi yang dibutuhkan membenarkan keberadaan dari organisasi bisnis.
Karena pelanggan atau konsumen adalah suatu yang penting, bila konsumen tidak puas dengan pelayanan dari kita, maka konsumen kita dapat berkurang. Jadi kita harus memberikan pelayanan yang baik bagi kepuasan konsumen.
menurut kelompok kalian apa hambatan yang dialami dalam bisnis dalam online shop ini? selaian masalah koneksi internet dan berikan alasannya, terimakasih (kelompok 05)
BalasHapus1. Banyaknya penipuan di dunia maya, membuat kepercayaan konsumen akan bisnis online masih kurang. Penipuan yang sering terjadi yaitu uang sudah dibayarkan namun produk tidak dikirimkan, atau kualitas produk tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan.
Hapus2. Persaingan bisnis online yang sangat tinggi. Kemajuan teknologi, mendukung sebagian besar orang memasarkan produknya melalui internet.
3. Terbatasnya pengetahuan tentang bisnis online. Banyak orang yang ikut-ikutan menjalankan bisnis affiliate atau membuka toko online, namun dia tidak mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk menunjang kesuksesan bisnisnya.
Kelompok 12
BalasHapusApakah bisnis online shop dapat mematikan usaha lain yang tanpa menggunakan media online ? lalu bagimana perkembangan dengan usaha yang lain itu ?
Menurut kelompok kami, bisnis yang offfline tidak akan mati, karena masih banyak konsumen yang lebih percaya dan merasa aman bila belanja dengan belanja secara langsung ke toko.
Hapuskita tahu bahwa bisnis online ini sedang ngetren d masyarakat indonesia, tetapi tidak sedikit pula konsumen yg meragukan untuk berbelanaja online, karena sering terjadi penipuan. bagaimana strategi pemgembangannya untuk kita yg pemula dan cara agar kita berbisnis d online shop untuk meyakinkan konsumen agar percaya, seperti usaha yg bukan online shop yg memiliki kepercayaan penuh.
BalasHapusUntuk meyakinkan konsumen, cantumkan alamat lengkap dan contact person yang bisa dihubungi konsumen baik melalui chating, telepon atau sms. Selanjutnya, jaga kualitas produk yang Anda tawarkan. Serta lengkapi gambar produk dengan keterangan pendukung, misalnya saja jenis bahan yang digunakan, harga produk, tipe produk, ukuran produk, dll. Sehingga konsumen benar-benar memperoleh informasi secara detail.
Hapusvideos for tvmovies - Youtube Channel
BalasHapusPlay online videos for tvmovies like “TVMovies” by TV. Watch youtube mp3 the best free videos from one of the many popular channels!