Minggu, 12 Juni 2016

ORGANISASI DAN PENGEMBANGAN BISNIS DALAM KEWIRAUSAHAAN



ORGANISASI DAN PENGEMBANGAN BISNIS
DALAM KEWIRAUSAHAAN





Oleh :

Olys Eka Yulina I.C.A ( 162014001 )
Nita Kristiana              ( 162014033 )
Fransiska H.S              ( 162014040 )


PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA
SALATIGA
2016



PEMBAHASAN

A.    DEFINISI ORGANISASI DAN PENGEMBANGAN USAHA DALAM KEWIRAUSAHAAN
Organisasi adalah adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Adapun definisi organisasi menurut para ahli, sebagai berikut :
a. Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
b. James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
c. Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
d. Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Pengembangan usaha adalah ” Tugas dan proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan usaha, tetapi tidak termasuk keputusan tentang strategi dan implementasi dari peluang pertumbuhan usaha “ .
(Id/Wikipedia)
Sedangkan untuk usaha yang berskala besar dan mapan , terutama di bidang teknologi industri yang terkait “Pengembangan usaha” istilah yang sering mengacu pada pengaturan dan mengelola hubungan strategis dan aliansi dengan yang lain, perusahaan pihak ketiga.
Dalam hal ini perusahaan dapat memanfaatkan satu sama lain keahlian , teknologi atau kekayaan intelektual untuk memperluas kapasitas mereka untuk mengidentifikasi, meneliti, menganalisis dan membawa ke pasar bisnis baru dan produk baru, pengembangan bisnis berfokus pada implementasi dari rencana bisnis strategis melalui ekuitas pembiayaan, akuisisi / divestasi teknologi, produk, dan lain – lain .         

B.     TUJUAN ORGANISASI
Tujuan organisasi adalah target ke rah mana sistem manajemen terbuka diarahkan. Tujuan organisasi bisnis:
1.      Keuntungan adalah kekuatan motivasi bagi wirausahawan.
2.      Pelayanan pada pelanggan dengan penyediaan nilai ekonomi yang dibutuhkan membenarkan keberadaan dari organisasi bisnis.
3.      Tanggung jawab sosial bagi wirausahawan, sesuai kode etik dan moral yang dibuat masyarakat dimana industri tersebut bertempat.
Tujuan penting organisasi:
1.      Memberikan wirausahawan dan anggota organisasi garis pedoman bagi tindakan-tindakan.
2.      Pembuatan keputusan.
3.      Efisiensi organisasi
4.      Konsistensi organisasi
5.      Evaluasi kerja.
C.     UNSUR-UNSUR ORGANISASI
          Unsur-unsur yang ada didalam organisasi
Menurut Keith Davis ada tiga unsur penting partisipasi , sebagai berikut :
          a. Unsur pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan suatu keterlibatan mental dan perasaan, lebih dari semata-mata tau hanya keterlibatan secara jasmaniah.
          b. Kesedian memberi sesuatu sumbangan kepada usaha mencapai tujuan kelompok.
          c. Unsur ketiga adalah tanggung jawab, unsur tersebut merupakan unsur yang paling menonjol bagi anggota.


       D. TINGKATAN DALAM PENGEMBANGAN
Jadi, pengembangan usaha memiliki tingkat yang berbeda. Level atau tingkatan tersebut menjadi produk, komersial dan korporasi.

1.   Tingkat Produk .
Pada level produk pengembangan usaha berarti mengembangkan produk atau teknologi baru. Meskipun tingkat pengembangan dapat berbeda dari perusahaan ke perusahaan.
2.  Tingkat Komersial .
Dalam contoh bentuk pengembangan usaha di tingkat komersial berarti prospeksi murni et Dur. Ini berarti berburu pelanggan baru di segmen pasar yang baru. Tingkat berikutnya dari pengembangan usaha komersial  adalah saluran  atau setiap organisasi penjualan. Saluran atau organisasi penjualan dapat terdiri dari mitra , agen  seperti, distributor.
3.  Tingkat Korporasi .
Bila organisasi harus memutuskan apakah akan membuat atau membeli kompetensi organisasi tertentu Kita memasuki bidang pengembangan bisnis perusahaan . Fokusnya adalah bukan pada produk maupun komersial tingkat tetapi pada korporasi tingkatan usaha.
D.    UNSUR MENGEMBANGKAN USAHA
Adapun unsur – unsur penting dalam mengembangkan usaha ada 2 yaitu :
1. Unsur yang berasal dari dalam ( pihak internal ) :
Adanya niat dari si pengusaha  / wirausaha  untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih besar.
2. Unsur dari pihak luar ( Pihak eksternal) :
a.    Mengikuti perkembangan informasi dari luar usaha.
b.    Mendapatkan dana tidak hanya mengandalakan dari dalam seperti meminjam dari luar.
c.    Mengetahui kondisi lingkungan sekitar yang baik / kondusif untuk usaha .


E.     ASPEK DALAM MENGEMBANGKAN USAHA
Pengembangan usaha yang terdiri dari aspek strategi , manajemen pemasaran, dan penjualan, seperti :
1.      Aspek strategi
a.       Meneliti jenis usaha baru dengan penekanan pada mengidentifikasi kesenjangan (yang ada dan / atau diharapkan) oleh konsumen .
b.      Menciptakan pasar baru .
c.       Menciptakan produk baru dengan karakteristik yang menarik konsumen

2.      Aspek manajemen pemasaran
a.       Menembus dan menguasai pangsa pasar .
b.      Mengolah situasi / peluang  pasar yang ada dengan teliti.
c.       Memasarkan produk dengan jaringan yang luas  seperti impor produk ke luar negeri.
d.      Membuat strategi pemasaran yang dapat membuat konsumen membeli produk kita , seperti memasang iklan , brosur, dan lain-lain.

3.      Aspek penjualan
a.       Memberikan saran tentang perancangan dan menegakkan kebijakan penjualan dan proses tindak lanjut penjualan .
b.      Banyak volume produk yang akan dijual.
c.       Tingkat keamanan dalam proses penjualan barang.
d.      Menjual produk dengan harga yang terjangkau dan memiliki kualitas yang baik.


Kewirausahaan OnLine Shop
Dewasa ini, di jaman yang modern dan di jaman digital, dimana internet sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia. Hal ini juga memberikan dampak pada pola hidup manusia sekarang ini, termasuk dalam interaksi jual belinya.
Saat ini ada satu tren yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni  belanja online, atau sering disebut online shop. Hal tersebut tidak akan terjadi apabila teknologi yang mendukung tidak ada. Salah satu teknologi yang dimaksud adalah teknologi yang berkaitan dengan telekomunikasi dan informasi baik perkembangan teknologi di bidang internet maupun mobile device. Saat ini banyak orang menggunakan smartphone sebagai mobile device dimana perangkat komunikasi tersebut memiliki kelebihan dapat terhubung dengan internet untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.Salah satu smartphone yang beredar luas di pasaran yaitu berbasis Android. Kelebihan dari sistem operasi Android adalah variasi merek ponsel yang beredar di pasaran, aplikasi-aplikasi yang tersedia, dan pengembangan aplikasi untuk segala macam keperluan seperti aplikasi toko online.
Penggunaan smartphone yang makin diminati dan semakin meningkat setiap tahunnya.  Adanya fitur – fitur social media yang mudah diakses dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita jalani sehari – hari. Dengan tersedianya fasilitas – fasilitas social media yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.
Dengan hanya bermodalkan smartphone yang kita gunakan dalam keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya. Suatu kesempatan bagi para wirausaha sebagai media untuk memperdagangkan barang melalui pemanfaatan teknologi tersebut sebagai suatu peluang bisnis yang menguntungkan secara finansial.
     



DAFTAR PUSTAKA







12 komentar:

  1. 1. Bagaimana analisis dari study kasus diatas?
    2. Apakah organisasi ada dalam bisnis online shop ? dan bagiamana struktur organisasi dalam rangka pengembangan bisnis?kelompok 10

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melalui online shop,,kita dapat lebih mudah memasarkan barang barang jualan kita,,hanya dengan modal hp,,laptop dan internet kita dapat memasarkan produk dengan mudah.
      2.Ada,,yaitu terdiri dari Pemilik,,pengelola, bagian produksi,,pergudangan,,pemasaran dan karyawan,,ini agar lebih mudah menjalan bisnis.

      Hapus
  2. kelompok 6
    dengan adanya online shop, dampak apa yang akan berpengaruh terhadap setiap aspek pengembangan usaha ?

    BalasHapus
  3. Menurut kelompok kalian manakah tujuan organisasi bisnis yang paling ditekakankan dalam online shop tersebut? Klmpok_11

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut kelompok kami tujuan organisasi yang paling penting yaitu :
      1. Keuntungan adalah kekuatan motivasi bagi wirausahawan.
      Karena keuntungan adalah menjadi prioritas seorang wirausaha dslam melakukan usaha, tanpa adanya keuntungan maka usaha kita bisa dikatakan gagal.
      2. Pelayanan pada pelanggan dengan penyediaan nilai ekonomi yang dibutuhkan membenarkan keberadaan dari organisasi bisnis.
      Karena pelanggan atau konsumen adalah suatu yang penting, bila konsumen tidak puas dengan pelayanan dari kita, maka konsumen kita dapat berkurang. Jadi kita harus memberikan pelayanan yang baik bagi kepuasan konsumen.

      Hapus
  4. menurut kelompok kalian apa hambatan yang dialami dalam bisnis dalam online shop ini? selaian masalah koneksi internet dan berikan alasannya, terimakasih (kelompok 05)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Banyaknya penipuan di dunia maya, membuat kepercayaan konsumen akan bisnis online masih kurang. Penipuan yang sering terjadi yaitu uang sudah dibayarkan namun produk tidak dikirimkan, atau kualitas produk tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan.
      2. Persaingan bisnis online yang sangat tinggi. Kemajuan teknologi, mendukung sebagian besar orang memasarkan produknya melalui internet.
      3. Terbatasnya pengetahuan tentang bisnis online. Banyak orang yang ikut-ikutan menjalankan bisnis affiliate atau membuka toko online, namun dia tidak mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk menunjang kesuksesan bisnisnya.

      Hapus
  5. Kelompok 12
    Apakah bisnis online shop dapat mematikan usaha lain yang tanpa menggunakan media online ? lalu bagimana perkembangan dengan usaha yang lain itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut kelompok kami, bisnis yang offfline tidak akan mati, karena masih banyak konsumen yang lebih percaya dan merasa aman bila belanja dengan belanja secara langsung ke toko.

      Hapus
  6. kita tahu bahwa bisnis online ini sedang ngetren d masyarakat indonesia, tetapi tidak sedikit pula konsumen yg meragukan untuk berbelanaja online, karena sering terjadi penipuan. bagaimana strategi pemgembangannya untuk kita yg pemula dan cara agar kita berbisnis d online shop untuk meyakinkan konsumen agar percaya, seperti usaha yg bukan online shop yg memiliki kepercayaan penuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk meyakinkan konsumen, cantumkan alamat lengkap dan contact person yang bisa dihubungi konsumen baik melalui chating, telepon atau sms. Selanjutnya, jaga kualitas produk yang Anda tawarkan. Serta lengkapi gambar produk dengan keterangan pendukung, misalnya saja jenis bahan yang digunakan, harga produk, tipe produk, ukuran produk, dll. Sehingga konsumen benar-benar memperoleh informasi secara detail.

      Hapus
  7. videos for tvmovies - Youtube Channel
    Play online videos for tvmovies like “TVMovies” by TV. Watch youtube mp3 the best free videos from one of the many popular channels!

    BalasHapus