Jumat, 13 Mei 2016

RUANG LINGKUP DAN DASAR ANALISIS KEWIRAUSAHAAN



Artikel Kelompok 2
Nama kelompok:
1.      Olys Eka Yulina I.C.A           ( 162014001 )
2.      Nita Kristiana                          ( 162014033 )
3.      Francisca H.Sihotang              ( 162014040 )

RUANG LINGKUP DAN DASAR ANALISIS KEWIRAUSAHAAN

A.   Pengertian Kewirausahaan
Menurut para ahli
Kewirausahaan adalah nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil ( Ahmad Sanusi, 1994 ).
Kewirausahaan adalah nilai yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha dan mengembangkan usaha ( Soeharto Prawiro, 1997 )
Kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (Drucker, 1959)
Kewirausahaan adalah proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk perbaiki kehidupan usaha (Zimmerer, 1996)
Jadi menurut dari semua para ahli dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan adalah proses menciptakan inovasi baru menurut kebutuhan pasar guna untuk mengembangkan usaha.
B.     Tujuan Kewirausahaan
a.       Menumbuhkan sikap kreatif untuk pengembangan usaha dunia bisnis
b.      Menggali potensi berwirausaha untuk memajukan dan mengembangkan usaha
c.       Mengembangkan kesadaran kewirausahaan yang kuat terhadap para siswa dan masyarakat.
C.     Ciri umum kewirausahaan
1.      Memiliki motif berprestasi tinggi
Wirausaha tidak asal-asalan melakukan sesuatu, meskipun orang lain dapat melakukannya. Hasil atau nilai nantinya yang akan menentukan bahwa wirausaha tersebut memiliki jiwa kewirausahaan.
2.      Memiliki perspektif ke depan
Wirausahawan memiliki target yang spesifik dan jelas karena dari target yang sudah ditentukan akan menetukan usaha yang dirintisnya.
3.      Memiliki kreativitas tinggi
Kreatif dalam jiwa wirausaha pasti ada hal-hal itu akan terpikirkan terlebih dahulu dari seorang wirausaha.
4.      Memiliki sifat inovasi tinggi
Dalam berwirausaha harus mempunyai tujuan, inovasilah yang akan menjadi tujuan atau dasar untuk memengembangkan usaha. Sebuah impian usaha tidak akan tercapai apabila tidak membuat inovasi-inovasi baru yang akan menarik sebuah perkembangan usaha.
5.      Memiliki komitmen terhadap pekerjaan
Seorang wirausaha harus menancapkan komitmen yang kuat dalam pekerjaannya, karena apabila tidak akan berakibat yang fatal terhadap segala usaha yang dirintisnya.
6.      Memiliki tanggung jawab
Dari komitmen yang sudah dimiliki seorang wirausaha maka akan terlahir sebuah tanggung jawab yang menunjang kesuksesan usaha.
D.    Dasar Analisis
a)      Analisis aspek pemasaran
Dari aspek pasar maka seorang wirausaha harus melakukan penelitian pemasaran dengan sistem informasi pemasaran berdasarkan analisis dan prediksi yang akan digunakan dalam pengembangan usaha.
b)      Analisis aspek produksi
Aspek produksi harus mempertimbangkan beberapa hal diantaranya lokasi operasi untuk menentukan lokasi yang strategis untuk melakukan usaha, volume operasi harus relevan dengan potensi pasar dan prediksi permintaan, mesin dan peralatan harus sesuai dengan teknologi yang digunakan saat ini agar tidak terjadi kelebihan kapasitas, bahan baku dan bahan penolong, jumlah dan kualifikasi tenaga kerja harus sesuai dengan keperluan jam kerja dan kualifikasi pekerjaan untuk menyelesaikannya.
c)      Analisis aspek manajemen
Ada beberapa unsur diantaranya kepemilikan menentukan apakah usaha itu dimiliki perseorangan atau milik bersama, organisasi, tim manajemen diperlukan pada usaha yang memiliki skala usaha besar agar terencana lebih terperinci, karyawan juga harus disesuaikan.
d)     Analisis aspek keuangan
Aspek keuangan meliputi komponen kebutuhan dana untuk mengoperasikan perusahaan, sumber dana, proyeksi neraca untuk mengetahui kekayaan perusahaan, proyeksi laba rugi untuk menggambarkan perkiraan laba rugi masa yang akan datang, proyeksi arus kas dapat terlihat kemampuan perusahaan membayar kewajiban keuangan.

Contoh kasus:
BISNIS DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK, USAHA MASA DEPAN


                    Sampah plastik merupakan bagian dari kehidupan manusia yang tidak dapat terpisahkan. Jumlah sampah plastik semakin hari kian menggunung dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) juga kian sempit karena telah melewati batas penampungan. Berbagai macam cara telah dilakukan untuk menangani masalah sampah, namun tetap saja belum bisa terselesaikan.
Plastik mempunyai waktu yang lama jika harus melewati proses daur ulang secara alami karena plastik tidak dapat membusuk, tidak dapat menyerap air, tidak dapat terurai, sehingga sampah menjadi permasalahan yang serius bagi lingkungan hidup.
Sampah plastik yang dapat digunakan kembali sebagai bahan baku produksi untuk membuat kerajinan tangan sangat bermacam-macam. Mulai dari sampah plastik keras yang berasal dari botol minuman sampai dengan sampah plastik lunak yang berasal dari kantong plastik. Kekuatan produk dari hasil daur ulang sampah plastik ini tidak dapat diragukan lagi. Selain plastik merupakan bahan yang terbuat dari sintetis yang bersifat tahan lama, jika dibuat dan diproses dengan teliti maka tingkat keawetan produk juga bisa semakin tahan lama. Semua produk yang memiliki nilai seni serta manfaatnya yang luas maka secara otomatis pasar akan sangat antusias meresponnya. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis daur ulang sampah plastik ini juga presentasinya sangat tinggi karena harga bahan bakunya murah sehingga hanya membutuhkan modal kecil.
Peluang bisnis daur ulang sampah plastik ini termasuk dalam kategori industri global, dimana bisnis ini tidak hanya untuk industri dalam skala besar saja melainkan usaha kecil dan menengah juga dapat mengubah sampah plastik menjadi produk yang bermanfaat. Bisnis disini akan menimbulkan banyak manfaat yaitu dapat teratasi masalah sampah dan penyerap tenaga kerja.








Daftar Pustaka
Rusdiana. 2013. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.
Suryana. 2006. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Bandung: Salemba Empat.


25 komentar:

  1. Komentar kelompok 11.
    Pasti hanya orang2 tertentu saja yang mempunyai pikiran kreatif dan inovatif.Bagaimana dengan masyarakat yang kurang kreatifitas agar menjadi wirausahawan yang sukses dan menganggap sampah itu sangat bermanfaat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balasan kelompok 2
      Mungkin memang tidak semua masyarakat mempunyai pikiran kreatif, tetapi seorang wirausahawan yang harus dimiliki pertama kali adalah modal kemauan.
      Masyarakat yang ingin menjadi wirausahawan sukses dan menganggap bahwa sampah bermanfaat yaitu dengan sadar terlebih dahulu terhadap lingkungan sekitar penuh sampah plastik yang harus ditanggulangi dan mencari informasi bagaimana cara mendaur ulang sampah plastik agar bernilai tinggi. Tidak hanya mencari informasi tetapi masyarakat tersebut bisa juga diberikan pengarahan dan pelatihan dari pihak desa setempat mengenai daur ulang plastik.

      Hapus
  2. komentar kelompok 10
    bagaimana analisis bisnis daur ulang sampah? berikan penjelasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balasan kelompok 2
      Analisis dari aspek bisnis mendaur ulang sampah yaitu dengan melihat peluang, dalam arti disini bahwa kita menyadari sampah plastik di lingkungan sekitar kita yang awalnya tidak berguna di ubah bentuk menjadi barang bernilai jual dan menjadi bisnis yang cukup menguntungkan.

      Hapus
  3. inovasi dan kreatif muncul karena adanya suara pasar, apasih suara pasar itu dan bagaimana cara mengetahui atau melihat suara pasar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara formal sistematisnya yaaa dengan cara riset pasar untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan pasar. Cara lainnya adalah saat wawancara singkat saat ketemu pelanggan/calon pelanggan di pasar atau disuatu forum.

      Hapus
  4. Kelompok 12
    Daur ulang sampah plastik merupakan dampak positif, apakah ada dampak negatif juga dari daur ulang sampah plastik baik dari proses maupun hasilnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balasan kelompok 2
      Dampak negatif mendaur ulang sampah pasti ada waktu kita memposesnya.

      Hapus
  5. kelompok 9
    memang benar saat ini banyak digunakan bahan-bahan yang berasal dari plastik, seumpama kita mendaur ulang plastik tersebut menajadikan bahan yang berguna atau bahan yang kreatifitas tetapi apa bila kita merubahnya menjadi bahan yang berguna apakah nanti jika sudah tidak digunakan kita akan membuangnya . bagaimana solusi menurut kelompok anda agar tetap digunakan dan tidak mencemari karena tidak semua sampah plastik tidak bisa dibuat kreatifitas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balasan kelompok 2
      Memang tidak semua sampah plastik tidak bisa didaur ulang hanya beberapa saja, tetapi tidak begitu menjadi masalah karena paling tidak kita sudah mengurangi sambah plastik yang banyak di sekitar.
      Setelah sampah didaur ulang menjadi sebuah barang pasti setelah barang tersebut rusak tidak akan dipakai lagi tetapi paling tidak kita membuat jeda pembusukan plastik.

      Hapus
  6. didalam aspek produksi terdapat tekonologi masa kini yang penting,bagaimana dengan produksi dengan cara tradisional?apakan produksi tradisional tidak diperlukan kembali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balasan kelompok 2
      Memang sekarang segala produksi menggunakan teknologi masa kini atau modern, namun teknologi tradisional hingga saat ini masih ada yang menggunkan seperti usaha rumahan meski sebagian besar sudah menggunakan teknologi modern.

      Hapus
  7. Menurut kelompok kalian, bagaimana cara menumbuhkan kreativitas agar bahan yg semula tidak berguna menjadi barang yg menghasilkan nilai jual yg tinggi? (KELOMPOK 8)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balasan kelompok 2
      Cara menumbuhkan kreativitas yaitu pertama kita harus menyadari apapun yang ada di sekitar kita yang kurang berguna dijadikan peluang dan yang paling penting adalah kemauan

      Hapus
  8. tadi yang di analisis aspek pemasaran, berisikan analisis dan prediksi. yang dimaksudkan dalam prediksi disini yang bagaimana ? (kelompok 4)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balasan kelompok 2
      Prediksi dalam analisis aspek pemasaran yaitu mengetahui apa yang dibutuhkan di pasar dengan cara survei.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. kelompok 1
    Sebagai bisnis yang inovatif apakah bisnis daur ulang sampah plastik bisa dilakukan oleh usaha kecil dan menengah tanpa memerlukan biaya yang tinggi dalam hal alat dan teknologi modern?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balasan kelompok 2
      Bisnis daur ulang sampah plastik sangat bisa dilakukan usaha kecil karena bisnis ini dimulai dari bisinis rumahan yang hanya memiliki modal kecil.

      Hapus
  11. dari analaisa yang anda paparkan diatas terdapat 4 aspek yang harus dipenuhi oleh wirausaha. jika salah satu aspek tersebut tidak terpenuhi apakah wirausaha tersebut dapat mencapai tujuannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balasan kelompok 2
      Menurut kelompok kami dari 4 aspek harus dipenuhi oleh wirausaha, apabila salah satu aspek tidak ada seorang wirausaha tidak dapat mencapai tujuan secara maksimal.

      Hapus
  12. di sebutkan Mengembangkan kesadaran kewirausahaan yang kuat terhadap para siswa dan masyarakat. Sebagai calon guru bagaimana mengubah pemikiran atau langkah-langkah yang bagaimana untuk mengembangkan kreatifitas siswa ? seperti kita ketahui bahwa kata-kata "sampah" identitik dengan barang kotor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balasan kelompok 2
      Dengan cara memberikan dorongan. Dorongan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dapat berasal dari lingkungan pergaulan teman, family, sahabat, karena mereka dapat berdiskusi tentang ide wirausaha, masalah yang dihadapi dan cara-cara mengatasinya. Sehingga mempunyai semangat, kemampuan dan pikiran untuk menaklukan cara berfikir lamban dan malas.
      Juga Melalui Pendidikan dan Pelatihan
      Hal ini dikarenakan Keberanian untuk membentuk jiwa wirausaha juga didorong oleh guru atau dosen disekolah atau lembaga pelatihan. Mereka memberikan mata pelajaran kewirausahaan yang praktis dan menarik sehingga membangkitkan minat siswa untuk berwirausaha.

      Lagipula untuk zaman sekarang ini "wirausaha" bukanlah hal baru yg jarang dimengerti masyarakat. Namun bs kita lihat berbagai usaha kecil justru berjamur menampilkan keunikan dan nilai kreativitas masing masing usaha.
      Sehingga statement "sampah" identik dgn barang kotor merupakan paradigma pemikiran yg sudah lampau.

      Hapus
  13. menurut kalian bagaimana perkembangan kewirausahaan terutama di daerah ka
    lian terhadap perubahan dari waktu ke waktu?

    kelompok 6

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut kelompok kami perkembangan kewirausahaan di daerah kami mengalami perkembangan yang baik,,,karena banyak masyarakat yang sudah mampu mengembangkan bahan2 bekas menjadi berguna bagi kehidupan sehari-hari.

      Hapus